Yuk Buat Subdomain di cPanel

Subdomain merupakan bagian dari domain inti. Misalkan ada link blog.generasiqurani.com, maka kata "blog" disebut subdomainnya, dan "generasiqurani" sebagai domain intinya. Dan juga subdomain ini terletak pada bagian depan domain.
Membuat subdomain bersifat opsional, karena tanpa subdomain juga website kita masih berjalan. yaiyalah! he. Namun, perlu digaris bawahi bahwa membuat subdomain ini memiliki banyak fungsi diantaranya, bisa menggunakan banyak CMS seperti wordpress, joomla, drupal, dll kemudian cocok juga dijadikan topik menu website berita, seperti http://edukasi.kompas.com/, jadi website lebih tertata dan terstruktur.

Untuk membuat subdomain sendiri, Kita masuk ke cPanel terlebih dahulu dengan akun dan password yang sudah diberikan oleh layanan hosting. Jika sudah login, klik "subdomain" (seperti gambar di bawah ini)
membuat subdomain di cpanel

Masukan subdomain yang Anda inginkan. Untuk kolom Document Root, ini merupakan posisi dimana file-file untuk subdomain yang kita buat akan disimpan. Klik saja pada kolomnya nanti akan muncul public_html/. Jika Ingin dirubah, tidak apa-apa juga. Tapi saran Saya lebih baik jangan dirubah, gunakan saja default-nya.
Contoh cara membuat subdomain di cpanel

Berikut adalah contohnya, Saya membuat subdomain bernama desain.generasiqurani.com dimana file-file nya akan disimpan pada direktori /public_html/desain
masukan subdomain di cpanel

Jika sudah mengetikkan semua, klik Create untuk membuat subdomainnya, jika berhasil akan tampak seperti gambar berikut ini :
berhasil membuat subdomain di cpanel

Selamat! Anda berhasil membuat subdomain. Jika ada permasalahan, coba cek ulang penulisan pada kolom-kolom yang disediakan untuk membuat subdomain pada cPanel. Demikian cara membuat subdomain di cPanel. Salam ajarin !

No comments:

Post a Comment