Jumlah Kata Ideal untuk Postingan Blogger

Yosh! ini yang dari dulu Saya ingin posting. Mengetahui jumlah kata yang ideal untuk sebuah tulisan di Blogger. Ada sangat banyak pendapat tentang masalah ini. Ya wajar saja, mereka punya pikiran/otak yang berbeda. He,
Subhanallah, Maha Suci Allah yang telah menciptakan Kita masing-masing dengan keunikannya. Dalam kesempatan ini, ajarin.net ingin membahas ini menurut berbagai kicauan dari para blogger yang Saya pribadi pernah baca. Yosh! Kita mulai saja.

Tergantung Kebiasaan Menulis Anda

Jumlah Kata Ideal untuk Postingan Blogger - Kebiasaan Menulis
ilustrasi : journalbuddies.com - Kebiasaan Menulis
Berpendapat bahwa jika Anda terbiasa menulis misalkan 700 kata per postingan, maka lebih baik Anda membuat tulisan/postingan sebanyak 700 kata. Yah, bagi mereka yang sudah terbiasa dengan menulis 700 kata sih tidak masalah, tapi bagi sahabat ajarin yang tidak betah atau tidak mampu untuk menulis artikel sebanyak itu mungkin keberatan dengan harus menulis 700 kata/postingan. Kesimpulan, ini pendapat bagi mereka yang penulis, dan terbiasa menulis artikel dengan jumlah kata yang banyak, maybe...

Menghindari Jumlah Kata Minimal dari Google

Jumlah Kata Ideal untuk Postingan Blogger - Block
ilustrasi : clker.com - Block
Saya terkejut ketika membaca sebuah postingan dari salah satu blog, Dia mengatakan agar blog tidak di "Block" atau dihapus oleh google, jumlah kata minimal adalah 200 kata. Wow! really???
Untuk pendapat ini bisa jadi benar, jadi Kita harus mematok jangan sampai jumlah postingan Kita kurang dari 200 kata, nanti di "Block" oleh pihak google.

Dengan Memperhatikan Kepadatan Kata Kunci

Jumlah Kata Ideal untuk Postingan Blogger - Kata Kunci
ilustrasi : nichepursuits.com - Keyword
Kata kunci sendiri merupakan sebuah kata yang menjadi sorotan dalam sebuah artikel. Misalkan kita ingin membuat artikel tentang "Syarat sah salat", maka kata kuncinya yaitu "salat". Artikel yang bagus mesti mempunyai kata kunci sebanyak 2-3% dari jumlah kata/postingan. Jadi, misalkan jumlah kata/postingan adalah 200 kata, sahabat ajarin menggunakan kata kunci kurang lebih sebanyak 4-6 kata. Jika banyak kata/postingan 500, kata kuncinya berkisar antara 10-15 kata. Dan seterusnya...

Tergantung Genre/Jenis Blog Anda (versi ajarin.net)

Apa maksudnya? he
maksudnya adalah jumlah postingan yang banyak (800-1200 kata) berlaku bagi blog yang berjenis "Curhat". yaps! Bisa dilihat dan memang kenyataannya seperti itu. Kalau jenis blog tentang Berita, ya paling 400-800 kata. Sementara kalau blog Film/Anime saya rasa tidak lebih dari 300 kata, bahkan sangat kurang dari itu, karena blog berGenre ini ya paling seputar membicarakan sinopsis dari Film/Anime.

Nahh, bagaimana dengan Blog berjenis Tutorial??? seperti blog ajarin.net? ini yang menjadi masalah. Karena yang seperti ini harus tunduk pada kejelasan apa yang disampaikan, bukan kebanyakan basa-basi, karena blog tutorial lebih bagus jika dengan disertai gambar dan penjelasan yang singkat, padat, dan jelas.

Saran Saya, gunakan kata minimal 250 kata, kalau bisa dan memang tidak kebanyakan basa-basi, ya bisa lebih seperti 300, 500 sampai 700 kata. Saya sendiri pada blog ini mematok postingan sebanyak 250 kata. Kalau tidak bisa, ya kurang dari itu. Agar postingan bisa terarah + to the point, ya ngapain dipaksain??? ^_^

Tambahan

  1. Gunakan Heading untuk setiap postingan, bisa juga memakai sub heading dan minor heading. Agar mesin pencari mudah membaca postingan Anda, karena lebih tertata.
  2. Jangan terlalu banyak basa-basi (untuk menargetkan jumlah minimal postingan), nanti malah pengunjung blog Anda bosen. 
  3. NO Copy Paste !
  4. Jika satu paragraf sekitar 70-100 kata, jadi gunakan minimal 3-4 paragraf dalam sebuah artikel/postingan/tutorial.
  5. Hitung jumlah kata di WordCounter

No comments:

Post a Comment