Membuat Koneksi Modem di Ubuntu 14.04

Dalam tutorial ini, Saya menggunakan modem huawei, dan kartu Indosat. Untuk bisa terkoneksi menggunakan modem di Linux Ubuntu tentu Kita harus mengatur apn, providernya, dll. Tidak seperti di Windows, dimana pada modem sudah disediakan aplikasinya.
Tapi itu tidak menutup kemungkinan kalau di Linux Ubuntu tidak mempunyai aplikasi sendiri untuk mengkoneksikan modem untuk bisa mengakses internet. Jadi, di Ubuntu juga ada program untuk mengkoneksikan modem.

Saya akan mencoba instalasi Ubuntu secara manual, tanpa program koneksi bawaan dari modemnya,

1. Pilih tombol koneksi pada panel atas bagian kanan dekstop ubuntu

2. Pilih Edit Connections (yang paling bawah)

3. Klik tombol "add" untuk membuat koneksi baru

4. Untuk pilihan ini, pilih "Mobile Broadband"

5. "Continue"

6. Provider's Country Region, pilih Indonesia

7. Pilih providernya, Untuk kasus ini Saya memilih Indosat.

8. "Continue"

9. Langkah terakhir yaitu "apply", Anda telah selesai membuat koneksi. 

Untuk mengkoneksikan modem, yang perlu dilakukan adalah klik lagi tombol panel koneksi (langkah 1), kemudian nanti ada pilihan koneksi yang telah kita buat. Selamat! Anda sekarang terkoneksi dengan internet.

Nahh, Jika Anda ingin merubah APN, bisa langsung diganti, gambar di bawah ini muncul ketika kita selesai menginstall modem pada Ubuntu tadi. Username dan Passwordnya juga bisa dihilangkan, terserah Anda.

Sekian dulu ya postingan dari ajarin.net seputar cara membuat koneksi modem di Ubuntu. Mungkin hanya tulisan sederhana, karena memang Saya pribadi juga masih baru belajar Linux Ubuntu, jadi tutorialnya ya seputar yang begini-begini saja dulu. :D

No comments:

Post a Comment