Membuat Postingan Terkait (Related Posts) di Blogger Menggunakan LinkWithin

Memang tidak memakai sebuah plugin, widget, atau gadget seperti LinkWithin pada blog Kita, tidak terlalu mempengaruhi performa blog Kita. Namun ada hal yang lebih penting ketika ada orang yang sedang membuka postingan Kita lalu menScroll halaman hingga habis
sampai ke form komentar,
tanpa ada bumbu seperti postingan terkait, halaman blog Kita akan terlihat hampa. Itu sebabnya Kita perlu memasang plugin LinkWithin untuk membuat postingan terkait/related posts pada blog Kita, dalam hal ini Blogger pastinya.

Keuntungan lain dari LinkWithin selain memperindah halaman blog Kita adalah tentu akan menambah jumlah pengunjung/pembaca postingan Kita, karena dengan dihadirkan postingan terkait, apa yang sudah pengunjung baca di halaman tertentu, bisa jadi membuka link postingan lain di bagian bawah halaman postingan blog Kita, tentunya postingan yang terkait dengan artikel/postingan yang pengunjung baca.

Baiklah, langsung saja, pertama yang perlu dilakukan adalah membuka situs LinkWithin sendiri, yaitu di linkwithin.com. Maka Anda akan dibawa ke halaman ini:
Mengisi form pada LinkWithin
Isikan email Anda, kemudian link blog, dan platformnya. Untuk kasus ini Kita memakai platform Blogger, jadi pilih saja Blogger. Kemudian tentukan berapa jumlah banyak  stori atau postingan terkait yang Anda inginkan. Hanya ada tiga pilihan di sini, yaitu 3, 4, dan 5 postingan. Saran Saya sesuaikan dengan template blog, Jika lebar (width) Anda kecil, gunakan saja yang tiga postingan/stori. Dan yang terakhir jika background template Anda gelap, centang saja "My blog has light text on a dark background". Kemudian Klik "Get Widget!".

Kemudian, setelah mengklik Get Widget, install Widget. Klik link pada nomor 1.
Install widget LinkWithin
Untuk title, terserah mau diisi apa, kemudian Edit Content dan Edit Template nanti saja diurus (jangan dirubah dulu), jadi lebih baik langsung klik add widget.
Membuat related posts LinkWithin
Dan akhirnya, widget LinkWithin berhasil di Install pada blog Anda, hal ini di tandai dari adanya LinkWithin pada settingan Layout blogger. Bisa dilihat pada gambar ini, LinkWithin terlihat pada sidebar sebelah kiri, letaknya paling atas.
LinkWithin pada layout
Coba sekarang cek blog, apa yang terjadi? postingan terkait berhasil di install.
Namun ada yang menjadi masalah, apa itu?
Postingan terkait LinkWithin ada di halaman utama. Bagaimana cara menghilangkan LinkWithin pada halaman utama/home?
Berikut adalah cara menghilangkan LinkWithin pada halaman utama/home di blogger.
pertama Klik edit pada LinkWithin di pengaturan layout, lihat ID widgetnya.
melihat ID widgetnya

Pada blog Saya ID Widget-nya adalah HTML2, bisa dilihat pada link yang di blok di atas. Kemudian Kita pergi ke Settingan Template. Edit HTML nya. Pilih Jump to widget HTML2, untuk memudahkan pencarian syntax untuk LinkWithin.
Jump to widget

1
2
3
4
5
6
7
<b:widget id='HTML2' locked='false' title='LinkWithin' type='HTML'>
<b:includable id='main'>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<data:content/>
</b:if>
</b:includable>
</b:widget>
Tambahkan syntax pada baris yang ke 3 dan 5.
Lihatlah perubahan postingan terkait pada blog Anda. LinkWithin pada halaman utama/home sudah hilang. oia, LinkWithin tidak terlalu membuat blog kita menjadi lambat, karena widget/gadget/plugin ini cukup ringan, jadi aman untuk di install tanpa mengurangi kecepatan akses blog Kita.

Jika sudah memasang LinkWithin coba baca postingan di bawah ini yaa....berikut adalah cara bagaimana mengganti title/judul related posts pada LinkWithin.
http://www.ajarin.net/2014/11/mengganti-title-related-posts-linkwithin.html

Sekian dulu ya tutorial membuat postingan terkaitnya, salam ajarin.net ^_^

No comments:

Post a Comment