Menghilangkan LinkWithin pada Home/Halaman Utama

Halaman utama adalah halaman yang paling menjadi pusat dari desain blog Anda. Desain yang menarik akan membuat pengunjung senang membaca postingan Anda. Untuk itu perlu ada sedikit keahlian khusus untuk mendesain halaman utama blog Anda.
Dalam kasus ini, yaitu dengan Kita memakai widget LinkWithin, pada halaman utama LinkWithin akan terlihat, dan ini sangat membuat halaman utama blog Kita terlihat berantakan.

Mungkin bagi para pemula blogger yang benar-benar sangat pemula, he, Bisa-bisa lepas tangan (menyerah) jika menghadapi masalah seperti ini. Begitupun dengan Saya. Hahhay. Saya mencari-cari di internet tentang bagaimana caranya agar pada Home/Halaman utama tidak terlihat/muncul LinkWithin-nya. Setelah mencari-mencari sekian lama, ternyata ketemu juga. Sangat lama proses mencari tips dan triknya, karena yang ada lebih banyak tutorial pemasangan atau penginstalan widget LinkWithin sendiri tanpa ada cara bagaimana menghilangkan LinkWithin pada halaman utama blogger.

Baiklah, berikut sedikit langkah-langkahnya:
yang pertama dan utama yaitu, lihat dulu ID Widgetnya pada settingan/pengaturan layout blogger Kita. Caranya adalah cukup dengan mengedit widget LinkWithinnya, kemudian nanti muncul ada jendela pop up seperti biasa, pada bagian link pop up, terdapat ID Widgetnya, terletak pada bagian belakang link. ID Widget pada blog saya yaitu HTML2, seperti pada gambar di bawah ini (yang diblok warna orange). Tentu ID Widget sahabat ajarin berbeda, sama juga bisa si (kalau kebetulan, he)
Menghilangkan LinkWithin pada home blog

Kemudian sekarang kita beralih ke pengaturan template dan klik edit HTML. Karena tadi LinkWithin mempunyai ID Widget HTML2, maka Kita "Jump to Widget" pada HTML2, seperti yang dicontohkan gambar di bawah ini:
Menghilangkan LinkWithin pada Home/Halaman Utama
Ketika sudah di Jump menuju HTML 2, Kita bisa melihat kode/syntax defaultnya seperti ini:
1
2
3
4
5
<b:widget id='HTML2' locked='false' title='LinkWithin' type='HTML'>
<b:includable id='main'>
<data:content/>
</b:includable>
</b:widget>

Seperti itulah kurang lebih syntax/kode default dari LinkWithin. Untuk menghilangkan LinkWithin pada Home, Kita menambahkan kode/syntax sehingga akan menjadi seperti ini :
1
2
3
4
5
6
7
<b:widget id='HTML2' locked='false' title='LinkWithin' type='HTML'>
<b:includable id='main'>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<data:content/>
</b:if>
</b:includable>
</b:widget>
Adakah perbedaanya? pasti ada dong, perbedaanya ada pada syntax/kode baris ke-3 dan ke-5. Kita hanya menambahkan syntax baris yang ke 3 dan 5 saja pada kode default LinkWithin-nya.
Sekian saja tips dan trik cara menghilangkan LinkWithin dari halaman utama.
Jika Anda belum memasang LinkWithin, baca juga postingan ini:
http://www.ajarin.net/2014/11/membuat-postingan-terkait-menggunakan-linkwithin.html

No comments:

Post a Comment