Pengalaman SNMPTN - Asal Usul Gunung Tangkuban Perahu

21/10/2012 : Dengan berakhirnya UN SMA, suasana benar2 berubah…masa putih abu pun sudah berakhir… FOSPAST (IPA 1) ??? sudah luntur! intinya mah, semuanya tidak begitu menarik ketika raja api menyerang…hahh??? Bukan! Maksudnya adalah ketika sudah memegang predikat
menganggur, beginilah jadinya…

masalah…

Benar-benar semakin menjadi masalah ketika terbayang akan perguruan tinggi, kemana saya nantinya?? Apakah terus menganggur atau bahkan berjuang seperti halnya kartun Dora the explorer?? Pastinya si berjuang untuk mendapatkan PTN terbaik di Negeri ini.

oke…UN berakhir, tapi sebenarnya awal dari perjuangan yang akhirnya masih rancu, tidak tahu bakal jadi seperti apa…”sukses ataukah berhasil” (teori Iskandar IV) Hahahahaha

Tidak lupa pula saya haturkan nilai rapor saya dalam kategori pas2an, namun anehnya bisa mendapat peluang yang bernama SNMPTN undangan (SEBELUM UN sih), benar2 beruntung…..mungkin karena apa ya??? hm, maybe karena yang dinilai nilai IPAnya saja, eheemm….Iya kah?? Pada SNMPTN undangan, saya juga mencalonkan diri sebagai peserta bidik misi (beasiswa pendidikan mahasiswa miskin)….saya ikut karena memang persyaratannya sesuai dengan kehidupan saya. Saya akhirnya pilih PTN ITB dan UGM, maksud saya UGM dan ITB..he…. pilihan itu bukan sekedar pilihan biasa, tapi memang benar2 butuh perhitungan Algoritma untuk mendapatkan ide seperti ini…

UGM? Ya karena saya taunya orang2 khususnya orang Lombok tidak asing lagi dengan kata UGM…kesimpulannya ya karena terkenal, jadi saya pilih UGM pada pilihan pertama, sekali lagi karena terkenal, karena terkenal dan karena TERKENAL (jangan ditiru adegan berbahaya ini)………Bismillah! Allahuakbar!

sementara bagaimana dengan ITB?? Wah kalau ide ini kayaknya muncul ketika saya berlari berkilo2 jauhx dari rumah ke warnet, apa hubungannya??? hahahaha, hubungannya ya karena ITB menurut kak GOOGLE adalah PTN terbaik di negeri ini…dan akhirnya saya putuskan kasi kesempatan buat ITB untuk menampung diri ini…hahh??
Indonesia memang aneh, pantas saja warganya juga ikut2an…..he.

Akhirnya saya daftar di web undangan.snmptn.ac.id….dengan hati yang tidak sepantasnya ikut bicara (ragu) dengan jurusan yang saya contreng. Awalnya tidak terpikir mau pilih jurusan geologi di UGM dan FITB di ITB, ntahlah mungkin dari hasil buah karya mimpiku. Tapi, setidaknya itu juga karena saya ingin menjadi seorang Profesor teknik (do’ain dong!? ) ….atas nama teknik, Aamiin. Setelah berlama-lama mengisi data, upload foto dan segalanya (tentu dengan hati2, bahkan diperiksa berkali-kali loe), maklum ini kan masalah masa depan, jadi takut salah….proses pendaftaran pun usai sudah. Lagi-lagi kepikiran nilai raporku yang ancur! Apa bisa “lulus? atau mungkin lolos?” (tetapan Iskandar II).

Jreeeeeenng…sembari menunggu pengumuman, kembali lagi ke masalah awal, menganggur. Kalau bukan bermain2 dengan gitar, ya tidur…kejadian ini pun berulang setiap harinya, dasar gak ada kerjaan!

AKHIRNYA………..

pengumuman pun menghampiri ku dan kawan-kawan para pejuang jalur undangan, khususnya fospaster. Ntah itu tanggal 24/25 Mei 2012 jam 6 sore…saya pikun, maksudnya lupa…kawan2 ada yang melihat pengumuman secara berjamaah, ada pula yang menyendiri, dalam hal ini saya termasuk!

yang berjamaah melihat pengumuman mungkin bermaksud agar kalaupun tidak lulus, mereka bisa menangis dipelukan teman2nya…hehehe, mungkin…

nahh yang menyendiri??? Kalau saya sih jujur karena benar2 tidak rela melihatnya alias takut bin stress…jam 18 pun hadir di depan mata saya, secara perlahan2 saya buka situs resmi SNMPTN dan mengklik link pengumuman jalur undangannya……..

setelah mengisi nomer peserta di kolom pengisian, deb deb deeeebb…..ntah itu suara apa,,
lalu tanpa sadar tombol ENTER sudah tertekan…
BLAAAaaaaaaaaaaaammmmmm !! %^%^$%#!@!~$**
Pengumuman SNMPTN jalur undangan
SNMPTN jalur undangan
Saya tidak lulus seleksi…….kecewa, ya jelazzzLah !! teman2 seperjuangan undangan pun kebanyakn gugur di medan pertempuran, anak2 yang dikategorikan pasti lulus, juga senasib dengan saya….kasihaaaaaaann…….
tapi jujur, Saya tdk begitu kecewa karena masih ada kesempatan SNMPTN tulis dan Mandiri.

hikz hiikz hikzz….beginilah jika keadaan benar2 terpuruk…seakan mengalihkan keadaan pada kesempatan2 berikutnya, walau kata orang harus semangat, tapi sebenarnya setengah semangat, bahkan mungkin seperempatnya.

Karena ketidaklulusan ini, saya bahkan dikata2in “payah, gini sudah jadinya kalau kamu meremehkan semuanya!” frekuensi kalimat ini terlontar di antara dua buah bibir yang bernama teeeeeeettttt. Dan memang benar…saya begitu adanya.……hati ini benar-benar tertusuk dengan nada irama perkataan itu, tapi Alhamdulillah membuat semangatku membara (mungkin 374 Kelvin) !!!  yang semula seperempat menjadi 8 kali lipat Loe! Kok tau??? Ya dong! Saya kan punya kalkulator pengukur semangat…namanya “ayometer…buruan kenalan?!!

waooOOwww!! Semangatku berubah seakan2 menjadi power rangers merah (bintang pavoritku dulu) dan siap untuk bertempur lagi!
BANGKIT !

Tanpa basa-basi walaupun dua minggu lagi SNMPTN tulis, inilah saat2 dimana waktu dipertaruhkan. Pagi siang malam mencari bahan soal….tanpa lelah (padahal ngos2an) akhirnya dapat juga. Waktunya berjuang dengan belajar walau bawaannya malas sih…benar2 melawan 2 monster sekaligus…yang pertama rasa malas ditambah soal yang ada di depan mata. TPA, Tes dasar dan pastinya tes yang berIPA, gue santap setiap harinya (dicicil). Melihat teman2 yang bimbel rasanya tidak fair…..mereka bisa bimbel, kenapa saya tidak????
ahh, EGP !

Malah dengan tidak bimbel, waktu belajar lebih ploOoong…..bebas…tenang. Jadi saya merasa tidak salah langkah dalam hal ini, tapi benar langkah….hm.

strategi yang lain adalah ketika saya melepas diri dari bidik misi…(lepaskan aakkuuuuuu????!!!). Karena jelas rugiLah!! Kalau dipikir2, andaikan ikut bidik misi pastinya saingan lebih berat, gak percaya??? Nohh tanya sama pak RT…hahh?? intinya kita berhadapan selain dengan kuota bidik misi itu sendiri, juga kuota snmptn biasa….so, saingannya berlipat ganda…bayangkaaaaaaann…renungkan…jauh lebih dalam, jauh lebih gelap!

Dan perlu di perhatikan bahwa “hal yang enak2 itu pasti susah diperoleh (bukan teori Iskandar)

toh juga bidik misi diperuntukkan bagi orang2 yang berprestasi, sementara saya????? Jauh dari itu semua…ikut Ekskul SMA pun tidak, apalagi organisasi…beuuhh, benar2 jauh dari peradaban hidupku. Udah sih ikut Ekskul Fisika, tapi baru datang sekali, Eee pertemuan selanjutnya gak dateng2 lagi, begitulah…..lebih baik tidur.. (my hobby). Maafkan aku SMANSASEL…tolong maafkan alumni yang tidak berguna ini.

Next slide, kembali lagi pada masalah pilihan jurusan pada SNMPTN tulis…dengan keringat yang bercucuran di sepanjang jalan kenangan, akhirnya keputusan sudah bulat!! Bukan oval loee,…ini benar2 seperti huruf enol, huruf???? bukaaan! Wooo!! Tapi seperti bilangan cacah yang  pertama (O) (bilangan Iskandar IX)…benar2 bulat! Eh, enol itu termasuk bilangan genap kagak??? Pikirkan dan buktikan!

SNMPTN Tulis :
pilihan pertama : Jurusan Teknik Geologi UGM
pilihan kedua  : Jurusan Teknik Geodesi UGM

Next slide lagi….hihhhihi (males ngetiknya sih…)

karena kedua pilihan berada di lokasi Yogya, terpaksa deh lokasi tesnya pun ikut2an di Yogya…payah! Si lokasi tidak punya pendirian! inginnya sih gue mau protes di penjaga Warnet!! Dasar!
masak gue jauh2 dari Lombok ke Yogya hanya untuk duduk manis menjawab beberapa lembar soal??? Haddeeeeeeehh, rugiiiii…!! Waktu belajar gue kan jadi terkikis?? Eheem..
tapi Horeeeeeeeeeeeeee bisa jalan2…hhihihii, (padahal tidak ada gunanya… karena kepikiran tes snmptn terus).

singkat cerita….. dan kami (saya dan Bapak) pun berangkat dengan menggunakan Bis Malam Safari… dalam perjalanan saya bertemu dengan siswa2 yang hendak pergi daftar ulang ke yogya (ma’af yogya nya huruf kecil), katanya sih mereka sudah tembus SNMPTN undangan….waaaaahh beruntungnya, pasti mereka benar-benar menikmati perjalanan….tidak seperti aku, tidak ingin cepat2 sampai di Yogya…karena SNMPTN tulis yang terus menghantuiku…wajar, dia ngefans banget sama saya.

(menghibur diri yang sedang merana meratapi “SMNTPN….tu kan salah, saking merananya....(sudah terbukti merana)).
huAaaaaaaaaaaaaaaaaaa…!!!

DIY akhirnya sudah berada di bawah kaki gue…..loe keberatan gue injek2???! Ma’af ya…Subhanallah panasnya tempat ini…pengen segera beli payung (maklum takut kulit saya item, padahal sudah putih coklat kehitam-hitaman, maksudnya???, “ramai warnanya”….(dengan logat permen nano2…he)).

premis 1: perjalanannya jauh (sekitar 39-12 jam…..hitung sendiri! )
premis 2: DIY itu panasZzznya minta ampun
kesimpulan: meletku ULeeqq !! (gue pengen pulaaaang (bagi yang tdk mengerti bahasa asing, gue terjemahin untuk loe!))

Saya dan Bapak (kami) tertampung di kosnya paman Zaen…namanya keren kan??? Gue kenalin??....enakkjaaa! “bayar duluuuu…” (zaman sekarang kan uang yang paling berperan….weekkz)

karena hal dan lain hal sebagainya (bahasanya aneh), kami pun memutuskan untuk mencari kos penginapan di sekitaran YOGYA, ntahlah saya lupa nama daerahnya…oke, namanya X. X berada di sebelah Utaranya Z (UGM)...ada yang tahu?? Cukup dijawab di dalam hati?? Anda benar, piring cantik akan menghampiri……..

bayaran kosnya lumayan mahal, 200ribu/minggu……tanggal demi tanggal berjalan dan sampailah pada tanggal 12 juni 2012 (jadwal tes SNMPTN Tulis).
Saya dapat tes di fakultas kehutanan UGM lantai dua...sebelum tes, banyak kenalan oe, walaupun kenalannya cowok doang sih…..hehehe… payah! Cewek???? Masalah belakangan, urus tes dulu…wait for me…

di sinilah semuanya dipertaruhkan…
saya berharap penuh disini, bensin diotak yang sebelumnya sudah diisi penuh, harus benar2 dimaksimalkan pada tes unit ini…..(walaupun dari awal tiba di Yogya saya sakit…jelas menurunkan performa, aihhh).

dua hari yang melelahkan (tesnya dua hari (tnggal 12 dan 13))
tapi saya benar2 bisa tersenyum lebar selebar2nya karena sudah merasa di atas angin….benar2 LULUS serasa menghampiri…dikarenakan saya yakin dengan jawaban saya setelah bercumbu dengan lembar soal SNMPTN itu.

Namun…

kenyataan berkata lain, “dasar kenyataan….dia berbeda pendapat denganku
“aku berkata lulus…”
namun dia malah bilang aku tidak lulus cobak….lebih kurang kata2nya seperti ini:
Pengumuman SNMPTN jalur tulis
SNMPTN jalur tulis

HuAaaaaaaaaaaaaaa!! Dia bilang “JANGAN PUTUS ASA DAN TETAP SEMANGAT !!!

dunia gelap…..(mungkin karena pak Atlas mematikan lampu philiph-nya)

Indonesia menghilang…

Lombok tenggelam…..

Sawing melayang (rumah gue)……….begitulah rasa yang ada di dalam benakku.

aku pun merasa tidak lagi hidup  di dunia ini…perasaan yang sudah benar2 yakin lulus, bahkan sampai bermimpi “dapat arisan segala…..dan sampai bermimpi pula shalat berjamaah pada posisi saf paling depan…..bukankah itu pertanda baik???? Pertanda lulus akan datang???

tapiiiiiiii.......................

“sudahlah, mungkin tangan personil SNMPTNnya yang jail !! (pikiran org2 gagal SNMPTN) sehingga membawa nama ku ke kategori “jangan putus asa……”

ini pertama kalinya aku merasakan kegagalan yang benar2 gagal !!! gagal kuadrat..!
mungkin menangis…
mungkin bersedih…
mungkin bersalah,……..
salah tidak mampu membawa keluarga bangga……ma’afkan.

dari Yogya Akupun menelfon keluarga yang di Lombok…
Saat2 yang paling sedih ketika ku katakan “maa, paa…aku tidak lulus….”
Ntah kenapa bibir ini tidak kuat mengutarakannya, padahal hanya beberapa kata…namun batin, hati, jiwa ini benar2 sudah ilang masa aktifnya……..
sekali lagi ma’afkaaaaaaaaaaaaaaann………………!!!!!!
malam itu adalah malam ketika banyak para pujangga membuat puisi sedihnya…..
benar2 ceddiiiiiihhh cekkalii……. Gue sambil mendengar mp3 yang berjudul ayah….ibu segala…haddeeehh (benar2 memanfaatkan suasana….maksud loe suasana sedih????! Beuh dasar GiLa  !!!

back Slide ===> oia, setelah SNMPTN tulis berakhir, saya (beserta bapak) pulang dan kemudian akhirnya saya kembali lagi ke Yogya bersama Ika Karini…..yang berujung ombak besar dan kemacetan melanda rakyat….ketika itu gue makan sama Ika Karini di restoran, tepatnya di JATIM…lucunya nasi di piring gue tumpah.... hahahahahahhaaha…udah gitu di tengah ramainya keramaian……….  Sungguh pengalaman yang seharusnya tidak menjadi pengalaman….

next next Slide…..Sembari menunggu kesedihan usai, saya mencari info2 terbaru seputar jalur mandiri perguruan tinggi….

tahukah kamu??? Saya mendaftarkan diri di 10 universitas (mungkin sampai2 petugas SNMPTNnya bosan melihat wajah saya). Anehnya, di setiap universitas tsb, jurusan yang saya ambil berbeda2 (kasus ini berlisensi jangan ditiru)… 3 swasta dan 7 perguruan tinggi Negeri….(wah rekor muri nih) yeyeyeye….menurut kalian, apakah ini membanggakan???

Swasta===>1.  STiPRAM (insyaallah lulus),
                    2. UMY (lulus, IT),
                    3. UII (lulus, teknik sipil).

Negeri===> 4. UGM (gagal)
                    5. ITB (jangan ditanya, gagal pula)
                    6. ITS (gagal juga)
                    7. UI (hampir lulus…. alias gagal)
                    8. UNY (gagal lagi)
                    9. UNRAM  (tdk diterima…..di tolak mentah2…padahal di desa sendiri, baik
                        di luar daerah maupun di Lombok, saya benar2 di buang oleh Perguruan
                        Tinggi setempat…..awazz Loe !!!
                   10. UPI (……………………….

INI BUKTINYA. . . . . . .
Pengumuman SIMAK UI
Pengumuman SIMAK UI
Pengumuman Seleksi Mandiri ITS
Pengumuman Seleksi Mandiri ITS
Pengumuman Seleksi Mandiri ITS
Pengumuman Seleksi Mandiri UNY
Seperti inilah………
kegagalan benar-benar sering bertamu dalam kehidupanku…
Teman, Mitra, Sahabat, bahkan keluarga benar2 kasihan melihat keadaanku, sampai2 mereka menawarkan beberapa info pendaftaran….bukan beberapa info, tapi lebih dari sekedar info……….
hingga membawaku pada kesempatan terakhir….yaitu di Universitas Pendidikan Indonesia

saya ingat sekali waktu itu, di Yogya (kota perjuanganku)…mengayuh sepeda tua di tengah2 ramainya kota yogya, tepatnya di Malioboro…dari terminal Giwangan, Ringroad Selatan, kemudian ke Bantul dan sebagainya….

…rantai sepeda yang sering kali terlepas

…..jauhnya perjalanan

……tak tahu alamat tujuan

……..dalam keadaan lapar dan dahaga (bulan puasa)

………panasnya kota Yogya

…… .semuanya kulakukan hanya untuk mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa PTN

……hembusan nafas kian melemah

….radius pandangan yang semakin mengecil

...dan tersesat…………….

bukan sejam, bukan tiga jam….tapi tujuh jam masa pencarian bank BNI (mungkin di jalan Katamso)…mendaftarkan diri…sekali lagi, sebagai calon mahasiswa PTN !

Alhamdulillah……….
Perjuangan itu tidak sia2, semuanya terbayar dengan sebuah kabar gembira...
ketika itu, malam bulan purnama…….indah sekali.
tepat pertengahan bulan puasa…..
melihat pengumuman dengan keadaan yang pasrah….karena pengalaman gagal yang kerab datang tanpa izin.
UPI pun berbicara……
dan berkata……
Pengumuman Seleksi Mandiri UPI
Pengumuman Seleksi Mandiri UPI
Saya berterima kasih kepada UGM, ITB, UI, UNRAM, UNY, ITS yang telah menolak saya……..karena pesan dan pengalaman tersirat dari merekalah yang membawa saya menuju kampus Bumi Siliwangi Universitas Pendidikan Indonesia !

”Saya memang gagal dalam SNMPTN, tetapi Saya merasa benar2 menaklukkan SNMPTN……karena di luar SNMPTN masih banyak hal yang belum Saya alami, dan itu jauh lebih indah dari jalan yang sebelumnya Saya pilih…..”

Dan spesial thanks buat UPI, hatur nuhun (terima kasih) sudah rela memungut orang yang seperti ini…hehehhe. I Luv u……
………
Terus???
apa hubungannya dengan judul “Asal usul Gunung Tangkuban Perahu” ??? hahahahhaha
waAaaaah itu mah setelah saya sampai di Bandung……hehehehe

jadi setelah ke ISOLA (rektorat UPI)….eh bukan!! Mungkin dari gedung JICA (gedung FPMIPA UPI)….kayaknya bukan lagi deh, maybe di sekitaran Gymnasium UPI, nahh dari sanalah saya bisa melihat gunung Tangkuban Perahu…he . . . . Peace!

terima kasih yaa Allah….
karena berkat kemurahan dan rahmatMU,,,hidupku benar-benar berwarna…..
…….,
KET: ma’af yaa subjectnya ada tiga…. (saya, aku, dan gue…….he)

================================================================

…KEGAGALAN bisa menghampirimu kapan saja…
…..KEGAGALAN tidak mengenal ras, suku, budaya, bangsa dan jenis kelamin
……namun kau bisa katakan COME ON di depan mereka! (kegagalan)

HADAPI AKU !

jangan bersiap-siap….tapi sigaplah !
gagal???
itu cuman sebagian kecil tangga yang akan membawamu kepada keberhasilan…
percayalah……
Tabungan kegagalanmu akan membawamu ke alam yang jauh lebih berwarna…
sukses hanya alat ukur…
jadi, jangan pikirkan sukses….tapi, berpikirlah bagaimana jalan memperoleh kesuksesan itu……
kau dan mereka sama...
yang berbeda adalah seberapa besar usahamu dalam menggapai kesuksesan…..
kau tahu???
Ternyata…..kesuksesan tercapai apabila KESIAPAN bertemu dengan KESEMPATAN!! (usaha)...
ayo bergerakkk !! pergiii………….dan MOVE !
karena…….

“hal yang terpenting di dunia ini bukanlah di mana kita berdiri, tetapi ke arah mana kita bergerak……”
.
.
. . .
ISKANDAR Z. HAQ
. . .
. .
.

No comments:

Post a Comment