Sekilas Tentang Linux dan UNIX

Linux sendiri merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Linus Benedict Torvalds dari Universitas Helsinki Finlandia mulai dari tahun 1991. Linux adalah clone dari UNIX. Sistem operasi linux didistribusikan secara open source yang berarti bahwa kode sumber Linux diikutsertakan
sehingga dapat dikembangkan oleh siapa saja.
Linux
Linux
Macam-macam distribusi Linux (Distro) antara lain : Ubuntu, Linux Mint, Debian, openSUSE, Fedora, Stackware, dll. Dimana pada masing-masing Distro sudah disertakan program-program yang mendukung sistem operasi ini, seperti program-program perkantoran, tampilan desktop (GNOME dan KDE), browser, dll.

UNIX
Sistem operasi UNIX adalah kumpulan program yang menjembatani user dengan komputer, sehingga user dan komputer dapat berinteraksi. kernel adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi. Tugasnya melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer secara aman. User berkomunikasi dengan kernel melalui program yang disebut shell. Shell sebagai penterjemah perintah  yang diberikan user dan mengubahnya ke bahasa yang dikenali oleh kernel.
UNIX
ilustrasi: oldcomputers.net 
Unix bersifat multiuser artinya beberapa orang bisa mengakses komputer yang terinstall Unix pada saat bersamaan, dan juga Unix bersifat multitasking karena user bisa menjalankan banyak program pada satu waktu.

Ada empat komponen dasar dari UNIX, yaitu "Kernel", "Shell", "Command and Utilities", dan yang terakhir "Files and Directories". Kernel merupakan bagian utama dari sistem operasi.

No comments:

Post a Comment