Tips Membuat Kata Sandi (Password) yang Aman dan Kuat

Saya sempat merenung ketika selalu memakai password yang itu-itu aja. Mengapa dahulu Saya sering berpatokan pada satu password? jelas itu karena agar mudah diingat. Tahukah Anda, hal tersebut tidak aman?
bayangkan saja, pada saat mendaftarkan akun di satu website, kemudian website yang lain, password Kita hanya ada satu macam, memang tidak mengapa, yang jadi masalah adalah nanti bisa saja Kita terjebak membuat akun pada website yang tidak bonafide (tidak terpercaya) atau website kecil-kecilan, tidak menutup kemungkinan mereka dapat memantau akun Kita, dan mencoba membajak akun Kita yang lain, misalkan akun facebook, Google, maupun Twitter.

Untuk mengantisipasi hal tersebut ajarin mempunyai sedikit tips dan trik bagaimana caranya membuat kata sandi/password yang aman dan kuat.

1. Untuk website yang bonafide, gunakan password yang sama, misalkan pada google, facebook, twitter, dll. Sementara untuk website kecil-kecilan gunakanlah password yang berbeda.

2. Periksa keamanan / kekuatan password Anda. Caranya adalah cek di website http://www.passwordmeter.com/ . Kurang lebih tampilannya seperti ini:
cek kekuatan password

isikan password yang Anda inginkan, lihat berapa score dari password yang sudah diketikkan pada kolom password. Usahakan sampai score nya 100%.
Dikatakan disana untuk membuat password yang aman dan kuat dibutuhkan setidaknya ada 8 karakter password. Kemudian password yang kita miliki harus mempunyai huruf besar, huruf kecil, Nomor, dan juga simbol seperti ~@#$%&

Berikut adalah contoh password yang aman dan kuat.
contoh password yang aman

Harus diterima, untuk membuat password yang aman, membutuhkan login yang lama, karena harus mengetikkan minimal ada huruf besarnya, huruf kecil, nomor, bahkan simbol, hehehe. Tapi, demi keamanan, ya Anda harus berfikir lagi. Sekian dulu ya tips dan triknya. bye~bye ^_^

No comments:

Post a Comment