Alternatif Agar Script Kode Program Anda Tampak Keren di Blogger

Ini merupakan pengalaman Saya ketika menggunakan sebuah layanan yang bernama SyntaxHighlighter. Dengan menggunakan SyntaxHighlighter sebenarnya script kode program Kita di Blogger tampak rapih dan keren.

Namun dibalik itu semua, ada sesuatu yang lebih penting lagi, Kita diharuskan me-load banyak file javascript pada http://alexgorbatchev.com, inilah yang membuat blog/website Anda menjadi lambat. Nama lainnya adalah redirects. Terlalu banyak redirects ke link-link lain (luar), maka blog/website Anda akan menjadi lebih lama di muat/load. Untuk menghindari hal tersebut, jelas bahwa Anda harus miminimalkan redirects link pada template blogger dengan menghilangkan link yang bersangkutan.

Karena ini kasus Syntax Highlighter yang menjadikan blogger lambat, Saya mempunyai alternatif untuk menuliskan script kode program di blogger agar tampak keren dan rapih. Berikut adalah langkah-langkahnya :

1. Buka link http://hilite.me/

Cara menuliskan Script Kode Program agar Tampak Keren di Blogger

  • Okeh, Kita lihat pada kolom "Source code", ini merupakan kode program Anda yang ingin di "Highlight". Copy script/kode program dari komputer Anda dan paste-kan pada kolom ini.
  • Pilih bahasa pemrograman, sesuaikan dengan kode program Anda.
  • Adapun Style, sesuaikan dengan selera. Anda juga bisa merubah CSS-nya, jika tidak juga nggak masalah. Centang "Line numbers", jika Anda menginginkan nomor baris pada script Anda nantinya.
  • Klik Highlight.
  • Copy kode "HTML" pada kolom sebelah kanan.

2. Paste dimanapun yang Anda inginkan (pada pilihan penulisan HTML) 


Setelah meng-Copy file HTML dari Hilite.me, silakan paste dimanapun yang Anda inginkan. Dan lihatlah hasilnya, taraaaaaaaaaaaa!!!, syntax pada blog Anda terlihat lebih keren dan nyaman untuk dibaca. Dibandingkan dengan Kita menuliskan syntax/script program secara manual, bisa-bisa membuat mata Anda sakit karena susah membaca syntax-nya, apalagi memahaminya. Hehehe.

Saya pikir dengan cara ini, blog Anda dimuat (loading) lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan layanan semacam SyntaxHighlighter yang mengharuskan Anda me-redirects link setiap kali Anda membuka blog. Terima kasih, sekian dulu tutorial dari ajarin. Salam ajarin!


No comments:

Post a Comment