Cara Mengganti Logo Wordpress di Halaman Login dengan Logo Sendiri

Jika sahabat-sahabat mempunyai web berbasis wordpress, tampilan login untuk masuk sebagai admin, author, editor, dll, biasanya standar bawaan dari wordpress. Yaitu dengan tampilan logo wordpress dibagian atas, dibawahnya terdapat kolom username dan password, kemudian tombol login.
Jika sahabat-sahabat menginstall plugin Captcha, maka plugin tersebut terletak dibagian bawah kolom password pada halaman login.

Pada tutorial kali ini, ajarin sedikit berbagi seputar bagamaimana caranya mengganti logo wordpress dengan logo Kita sendiri pada halaman login. Ada dua cara untuk mengganti logo wordpress pada halaman login. Yang pertama adalah dengan menggunakan plugin, kemudian yang kedua dengan menambahkan sedikit syntax pada file functions.php di template Wordpress.

Di sini Kita akan memakai cara yang kedua, yaitu dengan menambahkan sedikit syntax ke dalam file functions.php theme wordpress.

1. Masuk dulu ke Wordpress (login), atau bisa langsung menuju link ini http://www.generasiqurani.com/wp-admin/network/theme-editor.php

Ganti link yang berwarna "biru" dengan domain anda sendiri. Link ini akan mengarahkan Kita ke theme editor yang memungkinkan Anda untuk menambahkan syntax.

2.  Pilih pada file php (functions.php)

klik function.php
function.php

3. Masukan kode ini pada functions.php

Ganti tulisan yang berlatar belakang warna merah dengan nama logo Anda yang sudah diupload, jika belum, silakan unggah/upload gambar untuk dijadikan logo pada halaman login. Sementara untuk tulisan yang berlatar biru, ganti ukuran sesuai gambar yang diupload.
 1
 2
 3
 4
 5
 6
 7
 8
 9
10
11
12
add_action("login_head", "my_login_head");
function my_login_head() {
 echo "
 <style>
 body.login #login h1 a {
  background: url('".get_bloginfo('template_url')."/images/logo.png') no-repeat scroll center top transparent;
  height: 125px;
  width: 125px;
 }
 </style>
 ";
}

Posisi tempat menaruhkan syntax

4. Klik "Update File" pada bagian bawah untuk memperbarui file functions.php


5. Coba "Log Out" wordpress Anda, berhasil kah? 

Untuk merubah logo wordpress pada halaman login, cara ini Saya nilai lebih baik, jika dilihat dari segi ukuran (space) yang dibutuhkan untuk merubah logo. Dibandingkan dengan memasang plugin, itu membutuhkan space hosting yang lumayan, meskipun dalam hal cara menggunakan, dengan memakai plugin akan lebih mudah dan praktis.
Mengganti Logo Login Wordpress
Mengganti Logo Login Wordpress

Jika gambarnya aneh, lihat dulu ukuran dari logo/gambar Anda. Sesuaikan ukuran logo Kita dengan width dan heigth pada syntax yang Kita masukan di file functions.php. Dan apabila tidak terdapat gambar apa-apa, tidak ada logo sama sekali, pastikan cek lagi nama logo yang sudah diupload untuk dijadikan pengganti logo wordpress.

Cara di atas sudah Saya uji coba, dan ternyata berhasil. Sekarang giliran Anda! hahahha. Jika belum berhasil, yang sabar ya...
Berkomentar di bawah jika memiliki pertanyaan seputar postingan ini. Sekian tutorial cara mengganti logo wordpress pada halaman login, terima kasih telah berkunjung di blog ini. salam ajarin!

No comments:

Post a Comment