Manajemen Memori Linux

Salah satu tugas sistem operasi adalah untuk melakukan manajemen memori. Dengan sistem operasi sumber daya yang dimiliki komputer atau perangkat keras bisa diatur untuk memenuhi kebutuhannya. Mengapa harus diatur? sebab daya yang dimiliki terbatas.

Fungsi manajemen memori diantaranya mengelola informasi baik yang dipakai maupun tidak dipakai, mengalokasi memori, mengelola swapping atau pagging antara memori utama dan disk.

1. free

Melihat pemakaian memori, swap, buffer/cache. Selain bisa melihat informasi pemakaian, Kita juga bisa melihat sisa "space" memori dan swap.
Manajemen Memori Linux - free

2. cat /proc/meminfo

Melihat informasi penggunaan memori dan swap.
Manajemen Memori Linux - cat /proc/meminfo

3. cat /proc/sys/vm/swappiness

Berfungsi Melihat nilai swappiness. Sementara swappiness berfungsi untuk mengontrol kecenderungan kernel untuk memindahkan proses ke swap. Nilai swap berkisar antara 0-100. Jika nilai swapnya 100, maka kernel akan melakukan swapping secara agresif. Nilai swap default biasanya 60.
Manajemen Memori Linux - swappiness

sudo sysctl vm.swappiness=67

Perintah di atas berfungsi untuk merubah nilai swappiness sesuai keinginan Anda, contoh di atas adalah merubah nilai swappiness menjadi 67. Ketika komputer di restart(reboot), maka nilai swappiness-nya kembali seperti semula atau 60.

4. fdisk

Untuk memanajemen partisi/disk.
fdisk -d : untuk menghapus partisi
fdisk -l : untuk melihat daftar partisi yang dikenali
fdisk -n : membuat partisi baru
fdisk -v : verifikasi partisi

sudo fdisk -l
Manajemen Memori Linux - fdisk

5. sudo mount /dev/sdd1 /media/

Yaitu untuk melihat isi flashdisk (verifikasi drive).
Manajemen Memori Linux - mount

6. umount /media/

Untuk mencabut flashdisk (memberikan izin pelepasan drive dengan aman).
Manajemen Memori Linux - umount

7. lsusb

Perintah yang berfungsi untuk melihat perangkat input/output.
Manajemen Memori Linux - lsusb

8. eject /dev/sr0

Untuk meng-eject CD/DVD-ROM yang ada di komputer/laptop. Karena di laptop Saya tidak memiliki CD/DVD-ROM, maka akan muncul peringatan "unable to find or open device for".
Manajemen Memori Linux - eject

Demikian berbagai perintah-perintah manajemen memori di linux. Sering-seringlah berlatih dan mengulang-ulang perintah di atas agar tidak lupa suatu saat ketika ingin menuliskannya lagi. Terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, jika ada pertanyaan silahkan berkomentar di bawah. Salam ajarin!
bye~bye...

No comments:

Post a Comment