Beberapa Penjelasan Mengenai Edisi Java

Ada berbagai macam edisi pada java, yaitu J2SE (Java 2 Standard Edition), J2EE (Java 2 Enterprise Edition), dan J2ME (Java 2 Micro Edition). Masing-masing edisi berisi Java 2 Software Devalopment Kit (SDK) untuk mengembangkan aplikasi dan Java 2 Runtime Environment (JRE) untuk menjalankan
program.
Macam-macam edisi Java
Edisi Java
ilustrasi : http://www.cpcc.edu/

Java adalah bahasa yang dapat dijalankan disembarang platform, diberagam lingkungan: internet, consumer electronic products, dan computer applications. Berikut adalah sedikit penjelasan mengenai edisi Java.

1. Java 2 Standard Edition (J2SE)

The Java 2 Platform, Standard Edition (J2SE) menyediakan lingkungan pengembangan yang kaya fitur, stabil, aman, dan cross-platform. Edisi ini mendukung konektivitas basis data, rancangan antarmuka pemakai, masukan/keluaran, dan pemrograman jaringan dan termasuk sebagai paket-paket dasar bahasa Java.

2. Java 2 Enterprise Edition (J2EE)

The Java 2, Enterprise Edition (J2EE) menyediakan kakas untuk membangun dan menjalankan multitier enterprise applications. J2EE berisi paket-paket di J2SE ditambah paket-paket untuk mendukung pengembangan Enterprise JavaBeans, Java Servlets, JavaServer Pages, XML, dan kendali transaksi yang fleksibel.

3. Java 2 Micro Edition (J2ME)

The Java 2, Micro Edition (J2ME) untuk beragam consumer electronic product, seperti pager, smart card, cell phone, handled PDA, dan set-top box. J2ME sembari menyediakan bahasa Java yang sama, unggul dalam portabilitas -kemampuan dijalankan di mana pun dan safe network delivery seperti J2SE dan J2EE. J2ME menggunakan sekumpulan paket lebih kecil. J2ME berisi subset paket J2SE ditambah paket spesifik Micro Edition javax.microedition.io. Paket J2ME dapat diskala agar juga dapat bekerja dengan J2SE dan J2EE.

Begitulah sekilas tentang penjelasan dari edisi Java yang Saya rangkum dari sebuah buku pemrograman Java. Semoga bisa menjadi gambaran untuk Kita dalam memilih edisi untuk belajar pemrograman Java tentunya. Terimakasih telah berkunjung di blog sederhana ini, salam ajarin!


Referensi :
Harianto, Bambang. 2011. Esensi-esensi bahasa pemrograman Java. Penerbit Informatika: Bandung

No comments:

Post a Comment