Begini Caranya Memilih Paket Hosting

Yang menjadi masalah ketika memilih paket hosting adalah tidak efektifnya space hosting dengan jumlah file yang ada pada website. Sebagai contoh untuk blog pribadi tidak efektif sekali jika memakai paket hosting dedicated server.

Dan begitu pula web jual-beli tidak cocok dengan paket shared hosting. Namun, Tidak menutup kemungkinan ada beberapa paket shared hosting yang mendukung web berbasis jual beli, karena paket shared hosting sendiri ada pula yang memiliki kapasitas memori dan bandwidth yang cukup besar.
Tips dan Trik Cara Memilih Paket Hosting
Tips dan Trik Cara Memilih Paket Hosting
referensi : http://www.greenhostit.com/

Yuk! kita lihat beberapa keterangan atau penjelasan dari paket hosting yang biasanya Anda temukan di layanan web hosting.

1. Shared Hosting 

Merupakan paket yang dibuat oleh Reseller Hosting. Paket yang paling murah dibanding dengan yang lain. Tidak begitu besar space memori yang diberikan layanan hosting pada paket ini, namun cukup untuk mengupload file-file Anda. Biasanya paket ini untuk blog, komunitas, developer, dan usaha berskala kecil.

Jika Anda baru mencoba web hosting, paket inilah yang paling cocok. Tetapi, jika dilihat dari segi keamanan, paket ini rentan sekali diserang karena Anda berbagi resource dengan user lain yang websitenya disusupi seseorang. Penyusup tersebut bisa saja melakukan symlink attack sehingga dia bisa mengakses file konfigurasi di akun Anda. Anda mati-matian mengamankan website Anda tetapi bisa disusupi karena website lain yang satu server dengan anda mempunyai celah keamanan.

2. Reseller

Reseller Hosting adalah paket web hosting yang memungkinkan Anda untuk membuat banyak akun web hosting yang bisa Anda jual atau Anda gunakan sendiri. Akun reseller hosting bisa dibuat di VPS atau langsung pada Dedicated Server.

3. VPS (Virtual Private Server)

Server virtual biasanya dibuat di dalam dedicated server. Satu Dedicated Server bisa menampung beberapa VPS tergantung permintaan pemiliknya. VPS akan membagi resource prosessor, RAM, disk space di dalam dedicated server. Website yang cocok untuk paket ini adalah seperti website toko online yang berskala menengah, yang berskala besar pun juga tidak masalah, asal disesuaikan juga dengan space memorinya/disk size-nya. Juga bisa untuk web lembaga pendidikan serta profesional website.

4. Dedicated Server

Dedicated server adalah sebuah server yang murni berupa hardware, baik processor, RAM, hard disk dan yang lainnya. Biaya sewa Dedicated server paling mahal dibandingkan yang lainnya karena Anda benar-benar menyewa 1 server murni. Paket ini cocok untuk website toko online dengan skala yang besar, web universitas, instansi pemerintah, dan web komunitas dengan member yang sangat banyak. 

Jika Anda menginginkan website dengan keamanan dan performa yang tinggi, pilihlah VPS atau Dedicated Server, namun seperti yang dijelaskan di atas, paket ini harganya lumayan mahal.

Bijaklah dalam memilih paket hosting agar lebih efektif dalam penggunaan. salam ajarin!


Referensi :
http://adinugroho.web.id/memilih-shared-hosting-reseller-hosting-vps-atau-dedicated-server/

No comments:

Post a Comment