Cara Copy File atau Folder ke htdocs di Linux Ubuntu

Ini adalah masalah permission. Di ubuntu untuk mengakses lampp hanya bisa diakses oleh root. Sementara untuk user dan group tidak bisa. salah satu cara untuk mengubah permission ini adalah dengan perintah chown.
Pemilik sebuah file atau folder/direktori dapat diganti menjadi milik user yang lain. Untuk menggantinya digunakan perintah chown.

Okay!. Sekarang buka terminal (Ctrl+Alt+t)
kemudian masukan perintah di bawah ini :
sudo chown -R username:username /opt/lampp/htdocs
Copy File atau Folder ke htdocs di Linux Ubuntu

Untuk "username", sesuaikan dengan nama user pada Ubuntu Anda. /opt/lampp/htdocs ini merupakan posisi direktori htdocs itu sendiri. Jadi, sekarang permission direktorinya sudah berubah. Jika dilihat, akan tampak seperti ini, (dengan menggunakan perintah "ls -l" pada direktori lampp)

Adapun cara yang lain, untuk mengcopy folder ke htdocs di linux Ubuntu adalah dengan mengcopy foldernya melalui terminal, kita masuk dulu ke mode root. Dengan perintah "sudo su", kemudian masukan password.

Setelah masuk pada mode root, masuk ke dalam direktori dimana file yang akan dicopy berada. Ketikkan perintah cp -r nama_folder /opt/lampp/htdocs. Sebagai contoh perhatikan gambar berikut.

Demikianlah cara copy file atau folder ke htdocs di linux ubuntu. Pada tutorial di atas, sudah dijelaskan dengan beberapa cara, yaitu dengan cara mengganti permission, kemudian cara yang lain adalah mengcopy folder melalui terminal dengan mode root.

No comments:

Post a Comment