Domain TLD dan SLD, Hosting, Paket Hosting

Ini merupakan bahasan paling dasar dalam ilmu web, internet, ataupun blog. Mengetahui apa itu domain, domain TLD, domain SLD, Hosting, dan melihat secara sekilas paket hosting apa saja yang biasanya ditawarkan oleh layanan hosting / web hosting.

Domain dan Hosting
ilustrasi : http://www.techgeekdiary.com/

1. Domain


Domain adalah nama unik situs di internet. Tidak ada yang memiliki nama domain yang sama, itulah mengapa dikatakan sifatnya unik. Seperti facebook.com, google.com, youtube.com, twitter.com, tidak ada yang memiliki kesamaan. Bagaimana dengan Facebook.com dan Facebook.net? apakah berarti sama? Tidak! memang sepintas sama, namun ada TLD yang membedakannya, yaitu .com dan .net.

Dan juga domain ini berguna agar kita mudah mengingat nama situs sebuah website. Bayangkan jika menggunakan IP? contohnya 198.167.123.12. Memang tidak masalah jika di dunia ini hanya ada dua domain, jadi ada dua IP, bayangkan jika berjuta-juta domain. Susah sekali kita bisa mengingatnya, dan kesannya juga tidak menarik sama sekali.

Kemudian ada juga yang disebut TLD. Apa itu TLD?
TLD merupakan singkatan dari Top Level Domain yang berarti deretan paling nama domain setelah karakter titik. Contohnya :
.com (commercial)
.net (network)
.org (organization)
.edu (education)
.gov (goverment)
.mil (military)
.info (information)

TLD sendiri ada dua macam yaitu gTLD (Global Top Level  Domain) dan ccTLD (Country Code Top Level Domain). gTLD persis seperti penjelasan di atas, contohnya adalah TLD yang sifatnya umum/global seperti .com dan .net, serta yang lainnya. Kemudian ccTLD merupakan TLD untuk masing-masing negara, contohnya Indonesia yaitu dengan ccTLD .co.id, my.id, or.id, id, sch.id, ac.id.

Kemudian sekarang kita lanjutkan pada penjelasan SLD. Apa itu SLD? SLD merupakan
singkatan dari Second Level Domain yang berarti nama domain yang kita daftarkan atau nama domain, namun selain TLD. Sebagai contoh Google.com. TLD-nya adalah .com kemudian SLD-nya adalah Google.

Second Level Domain Name (SLD) adalah nama domain yang anda  daftarkan. Misalnya nama domain yang anda daftarkan adalah  AsianBrain.com, maka AsianBrainHosting adalah SLD dan .comnya adalah TLD.

Kemudian yang terakhir adalah Third Level Domain. Biasanya lebih dikenal dengan subdomain, atau nama lain sebelum TLD dan SLD. Contohnya bola.liputan6.com, "bola" itulah yang menjadi "Third Level Domain".

2. Hosting

Hosting adalah space memori yang kita gunakan untuk menyimpan data-data atau file-file situs kita. Banyak sekali paket hosting yang biasanya ditawarkan oleh web hosting / layanan hosting. Seperti Shared Hosting, Reseller, VPS (Virtual Private Server) dan Dedicated Server.

Untuk yang memulai memakai hosting, pakailah Shared hosting. Shared hosting merupakan paket paling murah yang ditawarkan layanan hosting. Oleh sebab itu, paket ini rentan sekali diserang (keamanan kurang) karena kita berbagi resource dengan user lain. Dan jika ingin website dengan skala yang besar, Anda bisa memilih VPS atau bisa juga Dedicated Server.

No comments:

Post a Comment