Mengenal Antarmuka cPanel

cPanel merupakan kontrol panel web hosting berbasis linux dengan antarmuka grafis untuk mengatur blog/website. cPanel sebagai pengelola web sederhana semenjak tahun 1997 dan merupakan tools nomor 1 dalam web management.
Saya sendiri sangat terbantu sekali dengan adanya kontrol panel web hosting yang satu ini. Disana terdapat berbagai banyak fitur seperti softaculous, webmail, status web, phpMyAdmin, dan masih banyak lagi pastinya.

Berikut adalah sekilas antarmuka dari cPanel :
Mengenal Antarmuka cPanel
Antarmuka cPanel

Sekarang kita bahas beberapa fitur yang dianggap penting.
1. Frequently Access : adalah menu/aplikasi terakhir yang Anda buka.

2. Stats : Status blog/web hosting. Disini banyak sekali informasi yang bisa didapatkan seperti space hosting yang masih tersedia, bandwidth yang dipakai per bulan, jumlah (sub domain, parked domain, addon domain), sistem operasi, kernel, versi PHP, versi cPanel, mysql, dan masih banyak lagi status yang bisa didapatkan.

3. Menu dan Aplikasi : inilah fitur-fitur, aplikasi-aplikasi yang tersedia pada cPanel.
- Preference : contohnya kita bisa mengganti bahasa dan tema cPanel
- Mail : membuat akun email dan menuju webmail. Ada juga sistem keamanannya seperti SpamAssasin.
- Files : ini yang penting. Terdapat pilihan-pilihan untuk kita menuju direktori website/blog. Backup data juga tersedia pada menu ini.
- Logs : contohnya kita bisa melihat statistik traffic dan pengunjung website/blog kita.
- Security : terdapat fitur untuk mengamankan website/blog. Contohnya adalah membuat password jika ingin masuk ke direktori file website/blog.
- Domains : Untuk mengatur hal-hal yang berkaitan dengan domain. Kita bisa membuat subdomain, menambahkan domain, dan parked domain, serta mengedit DNS.
- Databases : Membuat database baru, melihat data database yang sudah dibuat. Terdapat phpMyAdmin agar lebih mudah mengatur database yang kita miliki.
- Software and Services  Disini biasanya terdapat installer aplikasi web seperti CMS diantaranya wordpress, joomla, drupal, dll.

Demikian mengenai antarmuka cPanel. Dijelaskan di atas hanya sebagian kecil saja, untuk lebih memahami fungsi dari masing-masing aplikasi, tentu hanya mencoba lah cara yang paling tepat. kalau hanya teori ya tingkatnya hanya pada tingkat tahu dan mengerti saja, belum mengaplikasikannya. Jangan takut untuk mencoba, salam ajarin!

No comments:

Post a Comment