"Unlimited", Jangan Terlalu Percaya dengan Kata ini

Pengalaman itu sangatlah berharga. Kamu terkadang harus mengeluarkan banyak uang hanya untuk sebuah pengalaman saja. Berikut Saya akan sampaikan pengalaman saya tentang hosting dengan iming-iming bandwidth "unlimited" atau ada juga yang menyebutnya "unmetered".

Unlimited Webhosting
Unlimited Webhosting

Unlimited sendiri bisa dibilang penggunaan tanpa dibatasi kuota/space jika dalam dunia internet. Pernah membeli paket internet unlimited?. Kurang lebih seperti itulah yang terjadi pada hosting dengan bandwidth unlimited. Bukan sepenuhnya unlimited, melainkan ada pula batasan kuota untuk kecepatan akses tertentu.

Misalkan, kita membeli paket hosting dengan space 500 mb, dan oleh webhosting diberikan bandwidth "unlimited". Ketika terus-terusan mengakses website kita (traffic-nya menjadi tinggi), dan sudah menempuh sekian gigabytes bandwidth, terkadang kecepatan akses website kita lama-lama akan semakin melambat.

Mungkin tidak semua paket webhosting yang seperti ini. Saran saya adalah jangan membeli paket hosting space 500 mb kebawah dengan bandwidth "unlimited". Karena di atas 500 mb, biasanya bandwidth yang diberikan lebih extra.

Tulisan ini hanyalah pengalaman Saya ketika membeli paket hosting di sebuah webhosting. Sangat mengecewakan. Memang, terkadang yang membuat akses website kita lambat juga karena adanya perpindahan data besar-besaran pada suatu server. Dan masih ada banyak lagi alasan yang lain. Jika lambat hanya pada malam hari, biasanya karena perpindahan data hosting ke server lain secara besar-besaran.

Terimakasih sudah membaca artikel ini. Salam ajarin!

No comments:

Post a Comment