Jangan Ceroboh! Sebelum Memilih Jurusan pada SNMPTN, Perhatikan 3 Hal Sederhana Ini

Untuk adik-adikku yang penuh harap ingin masuk Perguruan Tinggi Negeri setidaknya ada beberapa celah untuk bisa mendapatkannya, salah satunya adalah mengikuti SNMPTN. Selain itu ada pula yang melalui jalur SBMPTN dan Mandiri.

ilustrasi : http://smalan.sch.id/
Tulisan ini Saya buat untuk berbagi pengalaman, agar pengalaman buruk yang Saya alami ketika berjuang mendapatkan PTN tidak dialami oleh adik-adik. Baiklah, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih Jurusan pada SNMPTN, agar tidak menyesal nantinya.

1. Perbaiki Niat

Keinginan dalam hati temen-temen atau tujuan dalam suatu perbuatan begitulah kurang lebih arti niat. Ketahuilah, niat juga bisa memotivasi kita untuk lebih lagi bekerja keras dalam SNMPTN. Kok bekerja keras? bukannya SNMPTN gak tes tulis ya?

Maksudnya adalah mereka yang tidak niat, mungkin saja enggan untuk mendaftar SNMPTN, atau barangkali tidak mau mengikuti SNMPTN karena sudah lulus di perguruan tinggi swasta. Padahal, kuota kelulusan yang ditampung pada SNMPTN lebih besar jika dibandingkan SBMPTN dan Tes Mandiri. So, inilah peluang emasnya, dan mulai perbaiki niat untuk mengikuti SNMPTN. Jangan sok-sok menunggu peluang lain seperti SBMPTN dan Tes Mandiri.

2. Tahu Diri dalam Memilih Jurusan dan Universitas

Inilah "poin penting" yang sangat ingin Saya sampaikan. Tempat temen-temen sekolah (SMA), hanya satu dari puluhan ribu SMA di Indonesia. Belum lagi ditambah SMK, beuh!. Dan perlu diingat lagi bahwa biasanya yang lulus snmptn kurang dari 20%. Bisa dibayangkan, pada tahun 2014 saja, jumlah pendaftar sebanyak 777.536, sementara yang dinyatakan lulus sebanyak 125.406, atau sekitar 16,13% dari keseluruhan pendaftar.

Temen-temen harus menerima kenyataan ini dengan memerhatikan pilihan jurusan dan universitas. Sesuaikan nilai rapor dengan pilihan jurusan temen-temen. "Tahu Diri lah...", banyak orang yang jauh lebih pintar diluar sana. Bukan bermaksud menakuti, tapi seperti itulah yang terjadi di lapangan, yang ada hanyalah penyesalan bagi mereka yang ngotot mendapatkan jurusan yang sangat banyak peminatnya. Padahal, jurusan dengan prospek yang menjanjikan sangat banyak.

Jangan menjadikan jurusan favorit pada pilihan kedua, apalagi ketiga. Dijamin gak bakal lulus deh, kalaupun lulus itu kemungkinannya hanya 1% !!!

Oia, ada lagi, yaitu pilihlah universitas di daerah temen-temen. Karena peluang lulus jauh lebih besar. Kok gitu? sederhananya "Universitas akan jauh lebih mementingkan perkembangan daerahnya terlebih dahulu, jadi akan cenderung mementingkan/memperhatikan mahasiswa dari daerahnya agar penyebaran mahasiswa merata pada tiap daerah di Indonesia".

Nilai bagus belum tentu lulus, jauh lebih besar peluangnya orang yang "TAHU DIRI" dalam memilih jurusan akan lulus dan senyum bahagia ketika hari pengumuman SNMPTN.

3. Minat dan Bakat Harus Dipertimbangkan Sekali

Yang sekolah adalah temen-temen, bukan adik, sahabat/kerabat, atau orangtua. So, sesuaikan minat dan bakat temen-temen dengan pilihan jurusan. Tentukan sendiri pilihannya, jika pilihan jurusan tidak sesuai dengan minat dan bakat karena dipaksa oleh "bla bla bla", bisa berdampak besar nanti ketika kuliah.

Bukannya nanti bakat bisa saja muncul dan berkembang ya ketika sudah lulus??? hellooo! jangan sekali-kali mengambil resiko, ada "Banyak" sekali orang disana yang menyesal memilih jurusannya karena awalnya tidak berminat dan tidak berbakat pada jurusan yang bersangkutan.

Itulah yang perlu diperhatikan dalam memilih jurusan SNMPTN, perbaiki niat, tahu dirilah, dan sesuaikan minat bakat temen-temen dengan pilihan jurusan.

Setelah itu, berusaha seoptimal mungkin untuk mempersiapkan SBMPTN, dan tes Mandiri. Karena, peluang lulus saja ada, berarti peluang tidak lulus pun juga ada. Tidak ada yang secara kebetulan terjadi di dunia ini. Temen-temen lulus, pasti karena usaha yang telah menyita banyak waktu temen-temen selama ini.

Selain itu, Minta maaflah kepada sahabat temen-temen, guru-guru, dan orang tua. Dan yang terakhir, tawakal dan berdoalah agar bisa diberikan pilihan yang terbaik dalam SNMPTN ini. karena...

"Pilihan terbaik bukan semata-mata dari pikiran kita, melainkan dari petunjuk-Nya."
Saya menulis ini, karena merasakan sekali atmosfer yang luar biasa ketika dulu mendaftar pada SNMPTN, SBMPTN, dan tes Mandiri. Pengalaman Saya yaitu mendaftar di 10 Universitas. Dan lulus pada universitas yang ke-10.
Jika sahabat-sahabat ingin membaca kisah saya mendaftar di 10 universitas, bisa dibuka pada link di bawah ini.


No comments:

Post a Comment