Sejarah Singkat Java

Bahasa Java merupakan karya Sun Microsystem Ins. Rilis resmi level beta dilakukan pada November 1995. Dua bulan berikutnya Netscape menjadi perusahaan pertama yang memperoleh lisensi bahasa Java dari Sun.

Sejarah Singkat Java
ilustrasi : http://www.makditechgroup.com/

Pada tahun 1991, sekelompok insinyur Sun Microsystem, Inc., dipimpin Patrick Naughton dan James Gosling merancang bahasa untuk perangkat seperti cable TV box. Karena perangkat tidak mempunyai banyak memori, bahasa harus berukuran kecil dan menghasilkan kode yang liat. Karena pabrikan-pabrikan berbeda memilih pemroses-pemroses berbeda maka bahasa harus netral arsitektur manapun. Proyek diberi nama kode "Green".

Karena orang-orang di proyek Green berbasis C++ bukan Pascal maka kebanyakan syntax diambil dari C++ serta mengadopsi orientasi objek bukan prosedural. Mulanya bahasa yang diciptakan diberi nama "Oak", kemudian diganti "Java" karena telah ada bahasa yang bernama "Oak".

Produk pertama proyek "Green"  adalah "*7", sebuah kendali jauh yang cerdas. Karena pasar belum tertarik dengan produk konsumer cerdas maka proyek Green harus menemukan pasar lain. Penerapan mengarah menjadi teknologi di web. Pada 1995, Netscape memutuskan membuat browser dilengkapi Java. setelah itu diikuti IBM, Symantec, bahkan Microsoft.

Setelah itu, gaung Java mulai terdengar. Berbagai industri meliriknya. Dengan strategi terbuka, banyak industri menyambutnya. Berbagai universitas di Amerika, Jepang, dan Eropa mengubah pengenalan bahasa pemrograman menjadi bahasa Java, meninggalkan C++.

Bahasa Java tidak lagi hanya untuk pemanis di web sebagai applet yang membikin Duke berdansa. Java adalah kakas, tetap hanya perangkat, bagaimanapun tetap hanya orang hebat yang dapat memberi arti penting kakas seperti dikatakan James Gosling, tokoh terpenting di Java:

"All along, the language was a tool, not the end."


Referensi :
Harianto, Bambang. 2011. Esensi-esensi bahasa pemrograman Java. Penerbit Informatika: Bandung

No comments:

Post a Comment