Sekilas Tentang Bahasa Pemrograman Java

Java menurut definisi dari Sun adalah nama untuk sekupulan teknologi untuk membuat dan menjalankan perangkat lunak pada komputer standlone ataupun pada lingkungan jaringan. Java2 adalah generasi kedua dari Java Platform (generasi awalnya adalah Java Development Kit).

Java terdiri di atas sebuah mesin interpreter yang diberi nama Java Virtual Machine (JVM). JVM inilah yang akan membaca bytecode dalam file .class dari suatu program sebagai representasi langsung program yang berisi bahasa mesin. Oleh karena itu, bahasa Java disebut sebagai bahasa pemrograman yang portable karena dapat dijalankan pada berbagai mesin sistem operasi, asalkan pada sistem operasi tersebut terdapat JVM.
Bahasa Pemrograman JAVA
Bahasa Pemrograman JAVA
ilustrasi : http://www.cpcc.edu/

Platform Java terdiri dari kumpulan library, JVM, kelas-kelas loader yang dipaket dalam sebuah lingkungan rutin Java, dan sebuah compiler, debugger, dan perangkat lain yang dipaket dalam Java Development Kit (JDK). Java2 adalah generasi yang sekarang sedang berkembang dari platform Java. Agar sebuah program Java dapat dijalankan, maka file dengan ekstensi .java harus dikompilasi menjadi file bytecode. Untuk menjalankan bytecode tersebut dibutuhkan JRE (Java Runtime Environment) yang memungkinkan pemakai untuk menjalankan program Java, hanya menjalankan, tidak untuk membuat kode baru lagi. JRE berisi JVM dan library Java yang digunakan.

Platform Java memiliki tiga buah edisi yang berbeda, yaitu J2EE (Java Enterprise Edition), J2ME (Java2 Micro Edition), dan J2SE (Java2 Second Edition). J2EE adalah kelompok dari beberapa API (Application Programming Interface) dari Java dan teknologi selain Java. J2EE dibuat untuk membuat aplikasi yang kompleks. J2EE sering dianggap sebagai middleware atau teknologi yang berjalan di server, namun sebenarnya J2EE tidak hanya terbatas untuk itu. Faktanya J2EE juga mencakup teknologi yang dapat digunakan di semua lapisan dari sebuah sistem informasi. Implementasi J2EE menyediakan kelas dasar dan API dari Java yang mendukung pengembangan dan rutin standar untuk aplikasi klien maupun server, termasuk aplikasi yang berjalan di web browser. J2SE adalah lingkungan dasar dari Java, sedangkan J2ME merupakan edisi library yang dirancang untuk digunakan pada device tertentu seperti pagers dan mobile phone.

Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat case sensitif yang berarti penulisan menggunakan huruf besar ataupun huruf kecil pada kode program  dapat berarti lain, misalnya penulisan "System" akan diartikan berbeda dengan "system" oleh interpreter.
Java tidak seperti C++, Java tidak mendukung pemrograman prosedural, tapi mendukung pemrograman berorientasi objek sehingga ada syntax class pada kode programnya.
Java Development Kit (JDK) berisi sekumpulan kakas baris perintah (command-line tool) untuk menciptakan program Java. Berikut adalah daftar komponen utama JDK.
1. Kompilator (javac)
2. Interpreter program Java (java)
3. Applet viewer (appletviewer)
4. Debugger (jdb)
5. Class file disassembler (javap)
6. Header and stub file generator (javah)
7 Documentation generator (javadoc)
8. Applet Demo
9. Kode sumber Java API


Referensi :
Shalahuddin, M. dan Rosa A. S. 2007. Belajar Pemrograman dengan Bahasa Pemrograman C++ dan Java: dari Nol Menjadi Andal. Penerbit Informatika: Bandung.

Harianto, Bambang. 2011. Esensi-esensi bahasa pemrograman Java. Penerbit Informatika: Bandung

No comments:

Post a Comment