Cara Memasang CDN CloudFlare pada Website

CDN merupakan sistem pendistribusian server yang memberikan halaman web dan konten web lainnya untuk pengguna berdasarkan lokasi geografis dari pengguna. Sementara CloudFlare yaitu salah satu dari CDN yang bersifat gratis, bisa digunakan pada wordpress, joomla, dan CMS lainnya.

Sebelum Anda menggunakan CloudFlare untuk meningkatkan kecepatan web, pastikan bahwa layanan hosting yang Anda pilih bukan shared hosting, jadi disarankan memilih layanan hosting dengan performa yang tinggi. Berikut adalah langkah-langkah atau cara memasang/menggunakan CloudFlare pada website kita.

Yang pertama kali dilakukan ketika ingin memasang CDN (Content Delivery Network) CloudFlare yaitu mendaftar dulu (Klik Sign Up) pada https://www.cloudflare.com. Masukan data-data yang ada seperti email, username dan password.

Membuat akun pada CloudFlare
Membuat akun pada CloudFlare

Tambahkan website yang ingin dipasangkan CloudFlare. Kemudian tunggu CloudFlare untuk men-scan website Anda. Ini akan membutuhkan waktu sekitar 60 detik.

Menambah website pada CloudFlare
Menambah website pada CloudFlare

Proses Scan website pada cloudflare
Proses Scan website

Setelah proses scan website, CloudFlare akan menunjukkan daftar semua DNS yang mereka temukan. Ini akan mencakup subdomain Anda juga.

Konfigurasi DNS pada cloudflare
Konfigurasi DNS Anda

langkah berikutnya adalah Anda akan diminta uintuk memilih plan. Terdapat pula yang gratis. hal yang perlu diingat bahwa jika Anda menggunakan SSL, itu tidak akan bekerja pada layanan CloudFlare gratis.

Memilih "Plan" CloudFlare
Memilih "Plan" CloudFlare

Langkah terakhir dan yang terpenting adalah, CloudFlare akan meminta Anda untuk mengupdate nameserver Anda. Anda akan diminta untuk mengubah nameserver Anda menjadi nameserver CloudFlare.
Mengganti nameserver cloudflare
Mengganti nameserver awal menjadi nameserver dari CloudFlare

Mengganti nameserver domain, bisa dilakukan di cPanel maupun pada client area layanan hosting. Jika di cPanel, pilihlah domain manager. Untuk domain manager sendiri, pada cPanel layanan hosting terkadang ada, terkadang tidak tersedia. Jadi, Saya sarankan mengganti nameserver pada client area layanan hosting, karena dinilai lebih praktis.

Setelah mengganti nameserver, tidak semerta-merta nameserver Anda langsung berubah, melainkan butuh sehari atau lebih untuk proses penggantian nameserver ini.

No comments:

Post a Comment