Jangan Salahkan Layanan Hosting Jika Website Anda Lambat

Terima tidak diterima harus ridho dengan apa yang Anda pilih. hehehe. Setiap hosting juga ada tingkatan kualitas akses maupun storage-nya. Disamping itu ada pula bandwidth dan memory yang perlu diperhatikan sebelum menyalahkan layanan hosting.

Faktor yang mempengaruhi website menjadi lambat
Faktor yang mempengaruhi website lambat dari sisi layanan hosting
referensi : http://soshable.com/

Website lambat banyak faktor yang bisa mempengaruhinya berkaitan dengan layanan hosting. Jangan sesekali menyalahkan layanan hosting jika website Anda lambat, itu semata-mata ya karena kesalahan Anda sendiri. Baiklah berikut faktor-faktor yang kiranya bisa membuat website Anda menjadi lambat.

1. Memilih Paket Hosting Murahan

Tidak bisa dipungkiri, dengan memilih paket hosting murahan, tentu bandwidth, memory, space hosting juga sangat minim. Sebagai contoh, kita menyimpan sedikit file saja, space-nya sudah penuh, ini bisa membuat website Anda lambat.

2. Memakai CDN (Content Delivery Network)

Memakai CDN seperti CloudFlare dianjurkan "apabila" sahabat-sahabat tidak menggunakan paket shared hosting. Jika menggunakan CloudFlare pada shared hosting, website terkadang ketika diakses malah time-out.

3. Membuat Subdomain

Ini hubungannya dengan berbagi resource. Saya mendapatkan ini dari salah satu layanan hosting. Jika membuat subdomain, maka kita akan berbagi resource baik dengan web utama maupun web subdomain. So, website menjadi lambat. Contohnya adalah, ketika membuka dashboard wordpress, biasanya mengklik ini dan itu sangat lambat sekali, tidak seperti biasanya.

4. Memasang Plugin Caching Lebih dari Satu

Kita ambil contoh memasang plugin cache pada wordpress. Kita memasang plugin "W3 Total Cache", "WP Super Cache", dan "Wordfence Security" ini membutuhkan resource yang tinggi. Jadi, dimohon untuk plugin caching cukup satu saja.

5. Terlalu Sering Menggonta Ganti Plugin

Menggonta ganti plugin atau kebanyakan menginstall plugin bisa mempengaruhi beratnya loading website karena berhubungan dengan CPU unit hosting. Jadi, ya gunakanlah plugin dengan bijak, tidak banyak, usahakan se-efektif mungkin.

6. Space (Disk Space Usage) Hosting Sudah Hampir Habis

Ini yang paling penting, jika "Disk Space Usage" di hosting sudah tidak berwarna hijau lagi (lebih dari setengah), website akan lambat sekali diakses. Salah satu cara mengatasi masalah ini adalah, jika menggunakan cPanel, bisa dengan meng-klik "Select PHP version" ---> Switch to PHP Settings, kemudian tambah memory_limit nya.

Okelah ada beberapa point tidak berlaku pada kasus ini jika paket hosting yang Anda pilih memadai. Saya menulis ini dan alasan website lambat seperti yang disebutkan di atas adalah bagi mereka yang menggunakan paket hosting standar dan dibawah rata-rata. Tulisan ini hanya pengalaman semata dan sudah terbukti itulah yang menyebabkan website/blog menjadi lambat jika dilihat dari sisi hosting.

Ada banyak sekali faktor lain yang mempengaruhi kecepatan akses website yang tidak disebutkan di sini. Dikarenakan penulis yang belum terlalu berpengalaman dan minimnya ilmu yang dimiliki. Cobalah kita untuk terus mencoba dan mencoba, agar kegagalan yang kita alami tidak dirasakan oleh orang lain. Seperti itu, terimakasih :D

1 comment: