Kalau Masih Menggunakan Shared Hosting, Jangan Memakai CDN CloudFlare

Berawal dari coba-coba, berakhir dari sedikit mendapatkan pengetahuan. Alhamdulillah dan masih bisa berbagi pengalaman di sini. Waktu itu Saya membeli hosting, tepatnya shared hosting di salah satu layanan hosting Indonesia.

Singkat cerita, Saya iseng-iseng mencoba menggunakan CDN (Content Delivery Network) yaitu CloudFlare pada website yang mengharuskan Saya mengganti nameserver domain di client area layanan hosting. Apa itu CDN? CDN merupakan sistem pendistribusian server yang memberikan halaman web dan konten web lainnya untuk pengguna berdasarkan lokasi geografis dari pengguna. Sementara CloudFlare apa? salah satu dari CDN yang bersifat gratis.

Mengapa Saya merekomendasikan jangan memakai CloudFlare pada website Anda?
Karena bisa membuat website/blog Anda menjadi lambat bahkan timeout (Error 504, gateway time-out), sangat tidak cocok untuk shared hosting. Berikut adalah contoh halaman timeout jika menggunakan CloudFlare.

CloudFlare - Error 504, gateway time-out
referensi : http://sitedown.co/

Begitulah yang terjadi jika memakai CloudFlare pada layanan hosting yang murah. hehehe. Jika tidak percaya, Anda boleh mencobanya. Demikian tulisan ini, semoga bermanfaat. Jangan pernah lelah untuk mencoba dan bereksperimen, salam ajarin!

No comments:

Post a Comment