Setup Menus in Admin Panel

  • LOGIN
  • No products in the cart.

Login

Ahli Teknik Perminyakan

Industri minyak dan gas bumi (migas) menyediakan banyak profesi multidisiplin ilmu sebagai industri penyedia kebutuhan energi bagi kehidupan manusia. Minyak dan gas bumi saat ini masih menjadi sumber energi utama yang digunakan di seluruh dunia. Oleh karena itu, secara prospek, keahlian di bidang ini masih sangat dibutuhkan kedepannya. Ahli teknik perminyakan bertugas mengeksploitasi (melakukan pengeboran dan merencanakan proses produksi) minyak dan gas dari bawah permukaan hingga ke permukaan bumi. 

Apa yang dipelajari di profesi ahli teknik perminyakan?

Untuk menjadi ahli teknik perminyakan, setidaknya kalian harus menguasai pelajaran Matematika, Fisika, dan Kimia. Penguasaan matematika dan fisika diperlukan karena kalian akan belajar bagaimana dengan menggunakan kalkulasi matematis dan pemodelan untuk mampu memproduksi fluida hidrokarbon secara efisien. Selain itu, penguasaan kimia untuk analisa properti fluida hidrokarbon juga diperlukan untuk mengetahui karakteristik fluida hidrokarbon yang akan diproduksikan yang akan mempengaruhi model perencanaan produksinya. 

Selain pembelajaran di kelas, mahasiswa teknik perminyakan juga mengikuti kegiatan praktikum di laboratorium seperti praktikum analisa inti batuan (core analysis), analisa fluida reservoir, analisa lumpur pemboran, penilaian formasi, analisa semen pemboran, peragaan pemboran, peragaan produksi, uji sumur, dan sebagainya. Bahkan ada juga kampus yang mengadakan kuliah lapangan ke perusahaan minyak dan gas agar mahasiswa mengetahui bagaimana lapangan minyak dan gas dan pelaksanaan industri minyak dan gas.

Bagi yang terjun ke dunia teknik perminyakan perlu senantiasa memperbaharui ilmu mereka karena bidang ini melibatkan teknologi yang terus berkembang, dan juga kondisi bumi yang semakin berubah dari hari ke hari. Oleh karena itu banyak tersedia program S2 dan kursus pendek teknik perminyakan, baik itu secara online maupun secara tradisional. Society of Petroleum Engineers adalah salah satu badan profesional yang menawarkan kursus terkini bagi para pemegang profesi teknik perminyakan.

Prospek Pekerjaan Ahli Teknik Perminyakan

Prospek pekerjaan ahli teknik perminyakan hingga saat ini masih menjanjikan. Potensi gaji besar dan bekerja lintas negara tentunya menjadi daya tarik bagi banyak orang. Beberapa profesi yang bisa ditekuni oleh lulusan jurusan teknik perminyakan adalah :

Reservoir Engineer

Reservoir adalah tempat hidrokarbon berada dibawah permukaan tanah. Hidrokarbon (minyak dan gas bumi) terjebak dalam pori-pori batuan. Reservoir engineer bertugas mengelola dan menganalisis data reservoir (analisa core, PVT analisis) sebagai input untuk perencanaan pengelolaan cadangan minyak, dan mengelola reservoir dan studi simulasi, membuat evaluasi kinerja produksi reservoir/sumur dan merekomendasikan upaya-upaya optimasi produksi sumur, membuat rencana biaya untuk pekerjaan yang berkaitan dengan pengelolaan reservoir, dan sebagainya.

Production Engineer

Production engineer mengevaluasi kinerja aliran masuk dan keluar antara reservoir dan sumur bor, merancang sistem komplesi sumur minyak, memilih alat pengangkat buatan, jika sumur minyak semakin berkurang produksi secara primer, memilih peralatan (bukan desain) untuk fasilitas permukaan yang memisahkan dan mengukur cairan yang dihasilkan (minyak, gas alam, air, dan kotoran), menyiapkan minyak dan gas untuk ditrasport, dan sebagainya.

Drilling Engineer

Peran insinyur pengeboran atau Drilling Engineer sangat penting bagi sektor industri perminyakan, mengelola pengeboran sumur yang aman dan efisien untuk mendapatkan minyak atau gas. Seorang insinyur pengeboran berperan mengembangkan, merencanakan, biaya dan mengawasi operasi yang diperlukan untuk pengeboran sumur minyak dan gas. Mereka terlibat dari desain sumur awal hingga pengujian, penyelesaian dan produksi. Seorang drilling engineer dapat dipekerjakan di darat, di platform lepas pantai atau unit pengeboran bergerak baik oleh perusahaan minyak operasi, kontraktor pengeboran spesialis atau perusahaan jasa. Peran tersebut dapat melibatkan pemberian kontrak pengeboran dan servis, desain teknik, perencanaan sumur dan pengawasan awak/personel pengeboran di lokasi kerja.

Well-log Analyst

Well-log analyst membuat catatan terperinci (log sumur) dari formasi geologi yang ditembus oleh lubang bor. Log dapat didasarkan pada inspeksi visual sampel yang dibawa ke permukaan (log geologis) atau pada pengukuran fisik yang dilakukan oleh instrumen yang diturunkan ke dalam lubang (log geofisika). Beberapa jenis log sumur geofisika dapat dilakukan selama fase sejarah sumur: pengeboran, penyelesaian, dan produksi.

Peneliti dan Dosen

Ahli teknik perminyakan banyak juga yang bekerja sebagai peneliti dan akademisi di perguruan tinggi atau lembaga penelitian milik pemerintah atau swasta. 

Pegawai Negeri Sipil di instansi Kementerian ESDM

Ahli teknik perminyakan juga dibutuhkan sebagai tenaga ahli pemerintah di instansi kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) atau di SKK Migas (Satuan Kerja Khusus Migas) yang bertugas memberikan pertimbangan kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral atas pertimbangannya dalam hal penyiapan dan penawaran Wilayah Kerja serta Kontrak Kerja Sama, melakukan penandatanganan Kontrak Kerja Sama, mengkaji dan menyampaikan rencana pengembangan lapangan yang pertama kali akan diproduksikan dalam Wilayah Kerja kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral untuk mendapatkan persetujuan, memberikan persetujuan rencana pengembangan disetujui sebelumnya, memberikan persetujuan rencana kerja dan anggaran, dan sebagainya.

Perguruan Tinggi 

Berikut perguruan tinggi yang memiliki jurusan/program studi teknik perminyakan :

  1. Institut Teknologi Bandung
  2. Universitas Pertamina
  3. Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran, Yogyakarta
  4. Universitas Trisakti
  5. Universitas Islam Riau
25/09/2019

About

Ajarin.net adalah platform pembelajaran online untuk saling berbagi skill (keterampilan) dan pengetahuan kepada seluruh penggunanya.

Bintara Loka Indah Jl. Cendana Blok RR1 No. 35 Kota Bekasi 17134
+62859-6631-6364
ajarin.apps@gmail.com

Popular Tags

This site is secure

Comodo SSL Secure
top
Copyright © Ajarin.net 2019
X